TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN BAHASA JAWA
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN REMBANG
TAHUN 2018
Jenis Sekolah : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Alokasi Waktu : 90 Menit
Jumlah Soal : 50 Butir
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Link Download :
NO. | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | KEMAMPUAN YANG DIUKUR | INDIKATOR | NO. SOAL |
1. | Menggunakan banyak sekali keterampilan membaca untuk memahami teks sastra maupun nonsastra dalam banyak sekali ragam bahasa berupa teks bacaan, pidato, dongeng rakyat, percakapan, geguritan, dongeng anak, dongeng wayang, dan huruf Jawa. | Menentukan unsur intrinsik dongeng anak | Disajikan belahan dongeng wayang, penerima didik sanggup memilih : | |
· Topik dongeng tersebut | 1 | |||
· Watak salah satu tokoh | 2 | |||
· Makna kata tertentu | 3 | |||
· Amanat dongeng tersebut | 4 | |||
Menentukan isi teks nonsastra | Disajikan satu paragraf teks nonsastra, penerima didik sanggup menentukan: | |||
· Jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan wacana apa | 5 | |||
· Jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan mengapa | 6 | |||
· Jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan bagaimana | 7 | |||
· Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut. | 8 | |||
Mentransliterasi (mengalihaksarakan) huruf Jawa ber sandhangan Panyigeg ke huruf Latin | · Disajikan kalimat berhuruf Jawa yang memakai kata-kata yang berakhir dengan konsonan h, ng dan r, penerima didik sanggup memilih transliterasi latin yang paling tepat. | 9 | ||
Menentukan unsur intrinsik Cerita rakyat/dongeng kawasan setempat | Disajikan belahan dongeng rakyat/ dongeng, penerima didik sanggup memilih : | |||
· Topik/ Judul | 10 | |||
· Latar tempat cerita | 11 | |||
· Watak tokoh | 12 | |||
· Amanat cerita | 13 | |||
Mentransliterasi (mengalihaksarakan) huruf Jawa ber sandhangan swara ke huruf Latin | Disajikan kalimat berhuruf Jawa yang memakai kata-kata berfonem e, i, o, atau u, penerima didik sanggup memilih transliterasi latinnya yang paling tepat. | 14 | ||
Menunjukkan bab pidato | Disajikan bab tertentu dari sebuah teks pidato, penerima didik sanggup : | |||
· Menunjukkan nama bab pidato tersebut | 15 | |||
· Menentukan topik | 16 | |||
Menentukan unsur-unsur percakapan (dialog) | Disajikan teks percakapan, penerima didik sanggup memilih : | |||
· Isi percakapan | 17 | |||
· Amanat percakapan | 18 | |||
· Latar waktu | 19 | |||
Menentukan isi geguritan | Disajikan sebait teks geguritan, penerima didik sanggup memilih : | |||
· Makna kata tertentu | 20 | |||
· Antonim kata tertentu | 21 | |||
· Amanat geguritan | 22 | |||
Mentransliterasi (mengalihaksarakan) huruf Jawa yang memakai pasangan | · Disajikan kalimat berhuruf Jawa yang memakai pasangan sederhana, penerima didik sanggup memilih transliterasi latinnya yang paling tepat. | 23 | ||
Menentukan pesan dan makna salah satu kalimat dalam tembang Macapat (Pocung/Pangkur/Mijil/Kinanti) | Disajikan sebuah tembang macapat, penerima didik sanggup : | |||
· Menentukan makna salah satu kata yang ada tembang dalam tersebut. | 24 | |||
· Menentukan pesan tembang macapat tersebut. | 25 | |||
Cerita wayang | · Disajikan gambar wayang punakawan yang diacak, penerima didik sanggup memilih urutan kekerabatan yang benar | 26 | ||
· Disajikan gambar wayang salah satu tokoh Pandhawa, penerima didik sanggup memilih nama tokoh yang dimaksud. | 27 | |||
· Disajikan gambar wayang salah satu tokoh Pandhawa, penerima sanggup memilih urutan kekerabatan dengan tepat. | 28 | |||
2. | Melakukan banyak sekali keterampilan menulis baik sastra maupun nonsastra dalam banyak sekali ragam bahasa untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi berupa karangan sederhana, surat, dialog, laporan, ringkasan, parafrase, geguritan, dan huruf Jawa. | Melengkapi kalimat rumpang | · Disajikan kalimat rumpang (ragam Ngoko Lugu), penerima didik sanggup memilih kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut. | 29 |
· Disajikan kalimat rumpang (ragam Krama), penerima didik sanggup memilih kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut. | 30 | |||
Melengkapi paragraf rumpang | · Disajikan paragraf rumpang dalam ragam Ngoko Alus, penerima didik sanggup memilih kalimat untuk melengkapi paragraf tersebut. | 31 | ||
Melengkapi percakapan/dialog sesuai unggah ungguh | Disajikan teks obrolan antara anak dan orang renta yang belum lengkap, penerima didik sanggup memilih : | |||
· Kata yang sempurna (sesuai dengan unggah-ungguh) untuk melengkapinya. | 32 | |||
· Kalimat yang sempurna untuk melengkapi obrolan tersebut sesuai dengan unggah-ungguh. | 33 | |||
Menentukan karangan sederhana | · Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, penerima didik sanggup memilih urutan kalimat yang sempurna sehingga menjadi paragraf yang padu. | 34 | ||
· Disajikan gambar tunggal, penerima didik sanggup memilih paragraf yang isinya sesuai dengan gambar. | 35 | |||
Menulis surat | · Disajikan teks surat eksklusif (antarsesama teman) yang belum lengkap, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapi bab surat tersebut. | 36 | ||
· Peserta didik sanggup memilih dengan sempurna kalimat epilog surat kepada orang yang lebih renta dari empat kalimat yang tersedia. | 37 | |||
Menyusun laporan | · Disajikan data hasil pengamatan wacana urutan menciptakan sesuatu secara acak, penerima didik sanggup memilih urutan proses pembuatan barang tersebut dengan tepat. | 38 | ||
· Disajikan data hasil pengamatan wacana insiden yang belum lengkap, penerima didik sanggup memilih kelengkapan urutan data tersebut. | 39 | |||
Menulis kalimat berhuruf Jawa yang ber sandangan swara. | · Disajikan kalimat berhuruf latin yang memakai fonem e, i, o, dan u, penerima didik sanggup memilih penulisan kalimat berhuruf Jawa yang benar | 40 | ||
Menulis kalimat berhuruf Jawa yang ber sandangan Panyigeg | · Disajikan kalimat berhuruf latin yang memakai kata-kata yang berakhir dengan kosonan h, ng, dan r, penerima didik sanggup memilih penulisan kalimat berhuruf Jawa yang benar. | 41 | ||
Menulis kalimat berhuruf Jawa memakai pasangan | · Disajikan kalimat tunggal yang memakai kata-kata yang berakhir dengan konsonan, penerima didik sanggup memilih penulisan kalimat berhuruf Jawa yang tepat. | 42 | ||
Menyusun ringkasan | · Disajikan sebuah paragraf dengan ragam ngoko, penerima didik sanggup memilih ringkasan yang paling tepat. | 43 | ||
Menyusun parafrase | Disajikan sebait geguritan, penerima didik sanggup memilih parafrase yang tepat | 44 | ||
Menyusun kalimat | · Disajikan gambar peristiwa, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sesuai dengan gambar | 45 | ||
· Disajikan kalimat tanya dalam ragam Krama Alus yang belum lengkap, penerima didik sanggup memilih kata tanya yang tepat. | 46 | |||
· Disajikan kalimat belum lengkap, penerima didik sanggup melengkapi dengan kata berimbuhan yang tepat. | 47 | |||
Unggah ungguh Basa | · Disajikan sebuah kalimat yang mengandung kesalahan pilihan kata, penerima didik sanggup memilih kata yang sempurna sesuai unggah ungguh. | 48 | ||
· Disajikan sebuah kalimat yang tidak sesuai dengan unggah ungguh, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna sesuai unggah ungguh. | 49 | |||
· Disajikan kalimat dalam ragam Ngoko Alus, penerima didik sanggup memilih kalimat dalam ragam Krama Alus yang tepat. | 50 |
Advertisement